You are currently viewing Metode Pelaksanaan Pekerjaan Bekisting Beton

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Bekisting Beton

Bekisting adalah cetakan beton yang terbuat dari kayu / triplek sebagai penahan adukan cor sementara. Simak metode pelaksanaan bekisting beton untuk kolom, sloof, balok dan sebagainya.

Cara Membuat Bekisting Kolom, Sloof, Balok, Dll.

Ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan ketika anda memutuskan untuk membangun sebuah rumah atau bangunan. Salah satunya adalah metode pelaksanaan bekisting, yang seringkali jarang diketahui ketika anda memutuskan untuk membangun sebuah bangunan.

Dalam bidang beton pracetak pun juga menggunakan bekisting dalam proses produksi hingga terbentuk barang jadi. Diantara produk beton precast yang menggunakan bekisting atau cetakan dalam pembuatannya antara lain u ditch precast, pagar beton panel, box culvert, dan buis beton.

Berbicara mengenai bekisting dan juga cara pembuatannya. Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai pengertian dan juga langkah metode pelaksanaan pekerjaan bekisting yang baik dan benar, yang bisa anda ketahui apa saja informasi lengkapnya langsung saja berikut ini simak penjelasannya.

Pengertian Bekisting Cor Beton

Bagi anda yang belum tahu bekisting merupakan salah satu kebutuhan mutlak yang ada dalam konstruksi beton konvensional yang sering dikerjakan di lapangan. Walaupun sifatnya permanen namun bekisting ini akan membantu menjaga kualitas serta memenuhi syarat kestabilan, kekakuan, dan kekuatan, serta keamanan.

Material bekisting sendiri bisa terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Namun dengan adanya penyangga ini, bisa dibuat dengan cetakan papan kayu plat baja penjepit dan penahan cetakan bekisting dan juga tiang pancang.

Bekisting merupakan salah satu hal yang sangat penting, dan nantinya akan membantu sebuah bangunan menjadi kokoh dan lebih mudah untuk dibangun. Lantas bagaimana metode membuat bekisting yang bagus dan juga benar ?

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Bekisting

Berikut ini akan kami jabarkan bagaimana tahapan dan proses metode pelaksanaan pembuatan bekisting dengan mudah, cepat dan aman.

1. Tentukan Ukuran Bekisting

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan bahannya anda bisa menggunakan Dimensi penampang kolom yang dibuat dengan ukuran beragam. Misalnya saja 25 * 35 atau 20 * 30 cm semua disesuaikan dengan kebutuhan dan juga seberapa besar bangunan yang akan didirikan.

Selanjutnya anda harus merencanakan ketinggian kolom yang dibuat umumnya yaitu 4 meter. Hal ini akan membantu anda untuk membangun rumah ataupun bangunan yang cukup tinggi. Walaupun bekisting tersebut memang lebih tinggi dibandingkan bangunan yang seharusnya.

2. Pemotongan Triplek atau Kayu Sebagai Bekisting

Selanjutnya adalah tahapan metode pelaksanaan bekisting yang baik dan benar. Pertama silakan potong triplek dengan ukuran yang sudah ditentukan misalnya 25 * 35 dengan ketinggian 4.5 meter. Kemudian setelah itu buatlah sebanyak 2 lembar untuk dua sisi. Karena pada umumnya panjang triplek adalah 8 kaki atau 244 cm kemudian nantinya anda bisa menyambungkan 2 triplek menjadi 1.

Agar panjangnya sebesar 450 cm atau 4 cm melakukan penyambungan dua triplek tersebut penyambungan ini bisa berfungsi untuk membuat lembaran tripleks, menjadi lembaran yang lebih kuat dan juga kaku.

Jika sudah tahapan selanjutnya yaitu potong triplek sebanyak 2 lembar kemudian sambungkan nantinya 3 batang kayu berukuran 1 x 2 x 4.5 meter akan menyesuaikan dengan ukuran triplek tersebut kayu ini nantinya akan membantu untuk merakit bekisting. Agar lebih mudah untuk dibentuk seperti kotak ataupun balok.

3. Lipat Kerangka Menjadi 4 Bagian

Apabila sudah selesai menyiapkan kerangka dan juga bentuk dari bekisting kemudian selanjutnya lipat menjadi 4. Seperti halnya balok memanjang selanjutnya buat stang pengait dari besi ataupun kayu untuk membantu mengunci keempat sisi bekisting kolom tersebut.

Setelah selesai buatlah dudukan bekisting yang bisa terbuat dari kedua bahan yang sama untuk membantu menyokong nya. Hal ini dilakukan agar dapat berdiri tegak dengan kokoh tanpa adanya kondisi miring ataupun doyong.

Hal yang perlu diingat sebelum memutuskan untuk membuat bekisting walaupun kekuatan dan kekokohan harus diutamakan. Tetapi bekisting harus dibuat sedemikian rupa agar kelak mudah dibongkar tanpa adanya merusak konstruksi beton yang telah didirikan.

Hal ini seringkali terjadi mengingat banyak orang merasa bingung ketika sudah membuat metode bekisting yang baik dan benar, kemudian berhasil menciptakan produk ini. Selanjutnya permasalahan yang sering terjadi, adanya kondisi kesulitan ketika mereka membongkar bekisting tersebut.

Demikian pembahasan metode pelaksanaan pekerjaan bekisting. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

source = #kayu bekisting #bekisting adalah #perhitungan bekisting #cara menghitung bekisting