Mengenal Kelebihan Pagar Panel Beton Precast

Mengenal Kelebihan Pagar Panel Beton Precast

Beton pracetak memiliki beberapa kelebihan dibanding material lain, antara lain : kemudahan pengolahan, kemudahan instalasi, bebas polusi suara dan debu, serta hemat waktu. Pengolahan pracetak dapat membuat semua bagian bangunan menjadi panel beton. Produk pracetak dapat berupa kolom, balok, panel dinding hingga saluran air untuk drainase. Untuk penjelasan mengenai produk beton pracetak dapat dilihat pada pembahasan kami sebelumnya tentang Macam-macam Jenis Produk Beton Pracetak di Indonesia.

Fabrikasi panel beton dilakukan di bengkel atau pabrik, sedangkan untuk penempatan dan penyambungannya dilakukan di lapangan dengan proses cast in situ. Kemudahan dalam pemasangannya memicu pabrik untuk membuat produk-produk tambahan seperti pagar dari beton pracetak. Artikel ini akan membahas pengertian dan kelebihan pagar panel beton sistem precast.

Pagar panel beton adalah salah satu produk yang mulai dikembangkan oleh pabrikan beton precast. Sistemnya sama seperti dinding panel, yaitu terdiri dari panel pagar, kolom / perkuatan dan penutup diantara sambungan. Proses pemasangannya yaitu dengan membuat kolom dengan penempatan sesuai dengan panjang panel yang diinginkan, kemudian memasang panel yang diperkuat dengan sambungan dan penguncian.

Saat ini penggunaan pagar beton memang masih terbatas hanya untuk bangunan selain rumah tinggal, antara lain untuk bangunan industri, komersil atau perkantoran. Namun sebenarnya pagar panel beton ini memiliki banyak kelebihan yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Beberapa kelebihan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Dapat digunakan untuk semua gaya bangunan
Kelebihan pagar panel beton dibanding pagar material lain yaitu penggunaannya yang sangat luas, cocok untuk hampir semua gaya bangunan. Pagar dengan material selain beton kurang dapat mengikuti setiap gaya desain dari bangunan. Semisal pagar hollow yang hanya sesuai untuk gaya bangunan modern. Pagar besi yang hanya cocok untuk gaya modern dan klasik. Pagar kayu hanya sesuai untuk bangunan bergaya rustic, dan sebagainya. Untuk rumah bergaya modern maka pagar beton dapat didesain dengan menggunakan hiasan plesteran. Rumah bergaya klasik dapat menggunakan pagar panel beton dengan dominasi bentukan lengkung. Pagar panel beton dapat dihias warna warni untuk rumah bergaya minimalis,

2. Tahan terhadap cuaca
Tidak seperti besi yang mudah berkarat atau kayu yang mudah lapuk, beton pracetak lebih mampu bertahan terhadap pergantian cuaca,

3. Perawatan setelah pemasangan cukup mudah,

4. Tiap komponennya presisi sehingga mampu mencegah adanya kerusakan,

5. Mudah dibongkar pasang.

kelebihan dan kekurangan beton precast
source : fence concrete

Panel pagar beton dapat dibuat dengan ketinggian mencapai 6 meter. Akan tetapi ketinggian daun panel beton yang beredar di pasar Indonesia adalah ukuran 40 cm dan 45 cm.

Tumpukan yang diijinkan oleh pabrik mencapai 7 lembar, sehingga ketinggian maksimal pemasangan pagar beton yang dapat dicapai adalah 2,8 m atau 3,15 m.

 

Sedangkan cara pemasangan panel pagar beton secara singkat adalah sebagai berikut :

  1. Membuat pondasi secara cast in situ
  2. Memasang kolom panel beton yang berbentuk seperti panel baja I.
  3. Panel pagar disisipkan pada kolom.

Demikian sekilas informasi tentang pengertian dan kelebihan pagar panel beton precast yang dapat memperkaya wawasan Anda.

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Close Menu