You are currently viewing Cara Menghitung Kebutuhan Beton Ready Mix

Cara Menghitung Kebutuhan Beton Ready Mix

Bagaimana cara menghitung kebutuhan beton ready mix?. Sebelum kita masuk kedalam pokok bahasan cara menghitung ready mix, maka kami akan coba mengupas sedikit tentang definisi dari beton itu sendiri.

Definisi Umum Beton

Bila Anda akan membangun sebuah bangunan, memulai sebuah konstruksi atau melakukan pekerjaan yang ada kaitannya dengan semen, maka Anda juga tidak jauh dari kata beton. Apa itu beton?

Beton adalah salah satu bahan bangunan yang terbuat dari semen sebagai pengikat dan aggregat. Sudah sejak lama beton menjadi bahan konstruksi yang banyak digunakan. Beton juga saat ini berkembang cukup pesat dengan ada beberapa varian baru dari beton diantaranya beton prategang, beton pracetak dan beton instan.

Jenis-jenis Beton

Beberapa contoh produk-produk beton prategang yaitu sheet pile beton, girder beton, tiang pancang beton dan masih banyak lagi produk lainnya. Sedangkan beberapa contoh produk beton precast antara lain, paving conblock, u ditch precast, pagar panel beton precast, kanstin beton, box culvert, dan gorong gorong. Penjelasan lebih lengkap mengenai jenis beton pracetak dapat Anda pelajari pada halaman: Macam-macam Jenis Beton Precast di Indonesia.

Sebelum melanjutkan, bagi ada yang belum tahu apa itu beton instan, ada baiknya Anda membaca terlebih dulu diposting kami sebelumnya tentang Pengertian beton Instan.

Keuntungan Menggunakan Beton Cor Ready Mix

Masih berkaitan dengan beton, pernahkah Anda mendengar tentang istilah ready mix? Ready mix adalah istilah yang digunakan untuk menyebut beton campuran. Beton yang sudah dicampur dengan bahan material lain inilah yang dimaksud dengan ready mix. Pengolahan ready mix ini berbeda dengan pembuatan beton cor konvensional.

Pembuatan ready mix harus dilakukan dengan perhitungan yang tepat. Maka dari itu, biasanya ahli mixing lah yang melakukan pekerjaan ini. Ada beberapa hal yang membuat professional menyarankan untuk menggunakan bahan ready mix. Yang pertama adalah kualitas. Bahan ready mix memiliki kualitas yang lebih baik dibanding lainnya.

Apabila seseorang sudah memutuskan untuk menggunakan bahan ready mix yang bagus, maka dia juga harus memilih kualitas beton yang bagus agar seimbang. Alasan kedua adalah ramah lingkungan. Bahan ready mix ini lebih ramah lingkungan untuk pekerja maupun orang yang ada di sekitar lingkungan konstruksi.

Meski memiliki keuntungan yang bagus, bahan ready mix juga memiliki kekurangan. Misalnya saja dari segi harga. Bahan beton ready mix harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan beton site mix. Tetapi kekurangan ini bisa diteliti lagi sehingga tidak terlalu merugikan.

Anda perlu mengetahui kebutuhan konstruksi terlebih dahulu. Bila sekiranya konstruksi memang membutuhkan bahan yang kuat dan berkualitas tinggi, maka tidak masalah menggunakan bahan yang sedikit pricey untuk hasil maksimal.

Cara Menghitung Kebutuhan Beton Ready Mix

Bila Anda ingin belajar bagaimana cara menghitung kebutuhan beton ready mix, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Berikut ini adalah cara menghitung kebutuhan cor ready mix konstruksi sederhana:

1. Menghitung Volume Kubikasi Area Pengecoran

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menghitung kebutuhan ready mix sederhana adalah menentukan volume. Sesuai namanya, volume berarti berkaitan dengan bangun ruang yang memiliki satuan meter kubik/ m3.

Anda bisa menghitung volume barang yang akan di cor, misalnya saja plat lantai beton atau pengecoran dak cor beton. Rumusnya sederhana yaitu berapa volume kebutuhan ready mix = p x l x t satuan kubik rencana pengecoran.

2. Menentukan Angka Safety Factor

Langkah kedua dalam cara menghitung kebutuhan beton ready mix adalah menentukan safety factor. Untuk pemula atau yang hanya belajar saja, Anda bisa menggunakan angka 2.5% sebagai safety factor.

Setelah menentukan safety factor, Anda bisa mengalikannya dengan volume barang yang sudah dihitung di langkah pertama. Misalnya, volumenya adalah 100. Maka Anda bisa mengalikan 2.5% dengan 100.

3. Estimasi Daya Angkut Truk Mixer Beton Ready Mix

Kebutuhan ready mix biasanya dicampur dengan sebuah truk mixer oleh sebuah pabrik beton atau batching plant. Bila Anda melakukan penghitungan sederhana, maka Anda bisa mengira-ngira tentang kapasitas mengangkut beton dalam satu truk mixer.

Misalnya jumlah yang Anda butuhkan adalah 14 kubik beton ready mix, maka Anda perlu membeli 2 x truk tronton ready mix muatan 7 kubik.

3 langkah diatas bisa Anda coba praktekkan di rumah. Meski demikian, 3 langkah cara menghitung kebutuhan beton ready mix ini masih tidak bisa atau kurang cocok diterapkan dalam konstruksi langsung. Akan lebih baik apabila Anda menyewa jasa professional untuk melakukan perhitungan kebutuhan ready mix. Pengetahuan dasar tentang cara menghitung kebutuhan ready mix ini tentu bisa membuat Anda sedikit mengerti tentang cakupan beton ready mix.

Jangan ragu untuk menggunakan bahan ready mix bila Anda membutuhkannya. Bahan ini memiliki berbagai macam manfaat pula, mulai dari efektivitas tenaga kerja hingga budgeting. Tetapi tentu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meneliti kebutuhan konstruksi.

Semoga Bermanfaat.

source = #slump test beton #slump adalah #silinder ukur #kerucut abrams